Tag Hreflang : Optimasi Bahasa Untuk Menarget Visitor Lokal

Hreflang adalah sebuah atribut yang digunakan untuk memberitahu search engine tentang bahasa yang digunakan pada sebuah halaman website,
Tujuannya adalah agar search engine mengerti bahasa preferensi yang digunakan dalam sebuah web sehingga dapat merekomendasikan website tersebut kepada pengguna dengan bahasa dan target region yang tepat

Ketika sebuah blog atau website baru dibuat, hal pertama ang dioptimasi adalah settingan settingan hreflang

Ada 3 metode penerapan hreflang diantaranya adalah:

  1. HTML Tags
  2. HTTP Headers, dan
  3. Sitemap

Bagi teman teman yang awam code tidak perlu khawatir, karena guru blogger akan menunjukkan bagaimana cara memasang hreflang tanpa perlu menguasai bahasa html (cukup mengerti maksud penggunaan hreflang)

 

Apa itu hreflang=”x-default” ?

 

Attribut hreflang diperkenalkan pertama kali oleh google pada Desember 2011 (hreflang google blog), dan deklarasi hreflang kurang lebih seperti ini

 

<link rel=”alternate” hreflang=”x-default” href=”https://www.gurublogger.id”/>

 

Deklarasi tag hreflang diatas artinya website gurublogger.id tidak menyebutkan secara spesific menarget audiens dengan bahasa tertentu sehingga search engine akan menyesuaiakan secara default sesuai algorytm

 

Contoh lain adalah penggunaan hreflang bahasa inggris

 

<link rel=”alternate” hreflang=”en” href=”https://www.gurublogger.id”/>

 

Arti dari deklarasi tag hreflang datas adalah pemilik blog mendeklarasikan kepada search engine bahwa user yang ditarget adalah pengguna berbahasa inggris

 

Contoh lain adalah penggunaan hreflang bahasa Inggris + Region

 

<link rel=”alternate” hreflang=”en-GB” href=”https://www.gurublogger.id”/>

 

Pada deklarasi diatas, selain kita menarget audiens berbahasa inggris juga mendeklarasikan sebuah region yaitu GB (Great Britain / negara inggris)

Karena seperti kita ketahui bahwa bahasa inggris digunakan di berbagai negara seperti CA untuk canada, us untuk amerika serikat dll

Dengan mendeklarasikan sebuah region maka search engine mengerti konteks yang kita deklarasikan, karena bahasa merupakan sebuah budaya konteksnya bisa saja berbeda pada negara yang berbeda

 

Hreflang Bahasa Indonesia

 

Membuat hreflang Indonesia sama mudahnya dengan membuat hreflang bahasa inggris, yang perlu dipahami adalah wilayah region yang di target

TRENDING :  Membuat Judul Artikel Menarik dan SEO Friendly - Ala 2022

 

Untuk menarget pengguna berbahasa Indonesia html tagnya kurang lebih seperti ini

 

<link rel=”alternate” hreflang=”id” href=”https://www.gurublogger.id”/>

 

Bila kita hendak menarget regional tertentu saja bisa kita modifikasi seperti tag berikut ini :

 

Bahasa Indonesia Regional Indonesia:
<link rel=”alternate” hreflang=”id-ID” href=”https://www.gurublogger.id”/>

Bahasa Indonesia Regional Malaysia:
<link rel=”alternate” hreflang=”id-MY” href=”https://www.gurublogger.id”/>

 

Dengan tidak mendeklarasikan region artinya audiens yang kita target adalah pengguna Bahasa Indonesia di wilayah manapun tanpa terikat region

Hal ini bisa buruk namun bisa juga baik tergantung penggunaan,

 

Sebagai contoh kita menjual jilbab / barang tertentu untuk orang lokal Indonesia saja,

Karena kita tidak menarget region maka bukan tidak mungkin bila seorang TKI di Arab Saudi berkunjung

Hal itu bisa buruk maupun baik tergantung kebijakan pengelolaan toko apakah memang hendak fokus jual ke luar negeri atau memang stick di lokal saja

 

Duplicate Content Hreflang

 

Fungsi utama hreflang sebenarnya adalah mengakomodir blogger yang menyediakan contentnya dalam beberapa bahasa

Misalkan sebuah artikel “cara membuat blog” yang dibuat dengan bahasa yang berbeda dalam 1 domain

Judulnya, gaya bicara, topiknya semuanya sama kecuali bahasanya saja

Artikel seperti ini oleh google akn dinilai sebagai duplicate content, dan google cenderung akan memberikan penalti untuk kasus kasus seperti ini

 

Disitulah awal mula tag hreflang dirasa penting, dengan memberi tag hreflang maka search engine mengerti bahwa pemilik blog menulis dengan target bahasa audiens yang berbeda

Sehingga bila terdapat user berbahasa inggris maka akan diredirect ke artikel bahasa inggris, sedangkan bahasa lain diarahkan ke url bahasa yang bersangkutan

 

Contoh Hreflang dalam kehidupan nyata 😀

 

contoh-hreflang

Keterangan:

Contoh diatas adalah dua buah postingan artikel, yang satu menggunakan bahasa spanyol sedangkan yang satu lagi menggunakan bahasa inggris

Hal seperti itu boleh dilakukan dan google tidak akan menganggapnya sebagai duplicate content asal “menggunakan tag hreflang”

 

Situs belanja online milik brand besar seperti Nike, Adidas juga melakukan hal serupa

TRENDING :  Ini Dia Blogger Terbaik, Sukses dan Menginspirasi - Idola Gurublogger

Tujuan dilakukannya hal hal seperti ini adalah terkait dengan users experience, karena terjemahan kadang memberikan hasil yang berbeda

Dan tentu saja terkait situs situs belanja mereka online memang menarget bahasa dan regional secara khusus karena layanan tiap negara berbeda beda

Disinilah peranan terpenting tag hreflang, yaitu membantu search engine memahami situs kita dan tentunya mengarahkan user sesuai dengan arahan kita

 

 Kurang lebih perintah kepada search engina adalah :

Pengunjung indo masukin ke alamat sini, pengunjung bule arahkan ke alamat web sono

 

Apakah Hreflang Mempengaruhi Rangking?

Tidak secara langsung, tag hreflang membantu meningkatkan user experience pengunjung blog

Blog yang enak dibaca serta memiliki kualitas konten yang baik akan memiliki tingkat enggement yang tinggi

Dari sanalah mungkin pengaruhnya terhadap Rank berasal (walaupun tidak secara langsung)

 

Hreflang Checker

 

Untuk mengecek apakah hreflang di blog sudah diterapkan dengan kaidah yang benar teman teman bisa cek secara online menggunakan hreflang checker

Salah satu website hreflang checker yang sering guru blogger gunakan adalah HREFLANGCHECKER.COM

hreflang-checker

 

Dari hasil check menggunakan hreflang checker diatas, terdapat rekomendasi terkait penggunaan hreflang untuk website Guru Blogger

Add x-default hreflang pointing to homepage/language selector, aduh apa ini artinya ya? buatnya gimana? saya kan tidak mengerti html !

 

Setiap pertanyaan selalu ada jawabannya, untuk menyelesaikan masalah diatas kita cukup membuat hreflang dengan bantuan hreflang generator

 

Hreflang Generator

 

Dalam kasus saya diatas, saya direkomendasikan untuk membuat hreflang yang diarahkan ke homepage atau language selector

Selanjutnya kita cukup mengunjungi website hreflang generator app.sistrix.com/en/hreflang-generator

hreflang-generator

 

Cara menggunakan hreflang generator sangat mudah:

  1. Kunjungi hreflang generator app.sistrix.com/en/hreflang-generator
  2. Masukkan url (dalam kasus ini adalah homepage blog gurublogger)
  3. Selanjutnya pilih tag hareflang
    • Language untuk menarget bahasa tertentu seperti id, en, es, dll
    • Region bila kita ingin menarget audien berdasarkan wilayah
    • x-default untuk general
  4. Setelah memilih tag silahkan enter
  5. Tag hreflang akan ditampilkan di box bagian bawah
  6. Copy tag hreflang kedalam template setelah kode <head>
<head>

TRENDING :  5 Template Blogger Terbaik Tahun 2022 - Terbukti SEO Nya

— Tag hreflang tulis disini —

</head>

FAQ Hreflang:

Murid: Pak guru metode pemakaian hreflang diatas itu termasuk yang HTML Headers atau Sitemap?

Guru Blogger: Metode html

Murid : Trus yang HTTP Headers?

Guru Blogger: Itu untuk mengimplementasikan hreflang di halaman non web (PDF dkk)

Murid: Kalau metode sitemap?

Guru Blogger: Nha, karena secara default blogger sudah memiliki sitemap dan tidak bisa diedit maka jawaban simpelnya adalah tidak bisa !!

Murid: Kalau Jawaban rumitnya?

Guru Blogger: Bisa tapi kita harus letakkan sitemap diluar blog dan memberitahu Google Search Console dkk (Bing dan Yandex)

Murid: Caranya?

Guru Blogger: Buat sitemap seperti biasa lalu tambahkan tag hreflang sebelum href di link tiap tiap postingan

Contoh :

  <url>
    <loc>https://www.gurublogger.id/p/article-bahasa-indo.html</loc>
    <xhtml:link 
               rel=”alternate”
               hreflang=”id”
               href=”https://www.gurublogger.id/p/article-bahasa-indo.html”/>
    <xhtml:link 
               rel=”alternate”
               hreflang=”de”
               href=”https://www.gurublogger.id/2020/12/article-bahasa-jerman.html”/>
    <xhtml:link 
               rel=”alternate”
               hreflang=”en”
               href=”https://www.gurublogger.id/2020/12/article-bahasa-inggris.html”/>
  </url>

Murid: Kalau blog saya dua bahasa gimana pak guru?

Guru Blogger: Kalau menggunakan metode html definisikan di antara tag , kalau menggunakan sitemap definisikan di sitemap modifikasi

Murid: Kalau banyak ditaruh di bagian head semua ga bikin berat?

Guru Blogger: Ya bikin berat, itulah mengapa biasanya web multilangual menggunakan sub domain, jadi mendeklarasikan bahasanya cukup 2 tag di head

Murid: Ga ada alternatif lain?

Guru Blogger: Gunakan saja x-default simple 😀

Selamat belajar…