Hreflang adalah sebuah atribut yang digunakan untuk memberitahu search engine tentang bahasa yang digunakan pada sebuah halaman website,
Tujuannya adalah agar search engine mengerti bahasa preferensi yang digunakan dalam sebuah web sehingga dapat merekomendasikan website tersebut kepada pengguna dengan bahasa dan target region yang tepat
Ketika sebuah blog atau website baru dibuat, hal pertama ang dioptimasi adalah settingan settingan hreflang
Ada 3 metode penerapan hreflang diantaranya adalah:
- HTML Tags
- HTTP Headers, dan
- Sitemap
Bagi teman teman yang awam code tidak perlu khawatir, karena guru blogger akan menunjukkan bagaimana cara memasang hreflang tanpa perlu menguasai bahasa html (cukup mengerti maksud penggunaan hreflang)
Apa itu hreflang=”x-default” ?
Attribut hreflang diperkenalkan pertama kali oleh google pada Desember 2011 (hreflang google blog), dan deklarasi hreflang kurang lebih seperti ini
Deklarasi tag hreflang diatas artinya website gurublogger.id tidak menyebutkan secara spesific menarget audiens dengan bahasa tertentu sehingga search engine akan menyesuaiakan secara default sesuai algorytm
Contoh lain adalah penggunaan hreflang bahasa inggris
Arti dari deklarasi tag hreflang datas adalah pemilik blog mendeklarasikan kepada search engine bahwa user yang ditarget adalah pengguna berbahasa inggris
Contoh lain adalah penggunaan hreflang bahasa Inggris + Region
Pada deklarasi diatas, selain kita menarget audiens berbahasa inggris juga mendeklarasikan sebuah region yaitu GB (Great Britain / negara inggris)
Karena seperti kita ketahui bahwa bahasa inggris digunakan di berbagai negara seperti CA untuk canada, us untuk amerika serikat dll
Dengan mendeklarasikan sebuah region maka search engine mengerti konteks yang kita deklarasikan, karena bahasa merupakan sebuah budaya konteksnya bisa saja berbeda pada negara yang berbeda
Hreflang Bahasa Indonesia
Membuat hreflang Indonesia sama mudahnya dengan membuat hreflang bahasa inggris, yang perlu dipahami adalah wilayah region yang di target
Untuk menarget pengguna berbahasa Indonesia html tagnya kurang lebih seperti ini
Bila kita hendak menarget regional tertentu saja bisa kita modifikasi seperti tag berikut ini :
<link rel=”alternate” hreflang=”id-ID” href=”https://www.gurublogger.id”/>
Bahasa Indonesia Regional Malaysia:
<link rel=”alternate” hreflang=”id-MY” href=”https://www.gurublogger.id”/>
Dengan tidak mendeklarasikan region artinya audiens yang kita target adalah pengguna Bahasa Indonesia di wilayah manapun tanpa terikat region
Hal ini bisa buruk namun bisa juga baik tergantung penggunaan,
Sebagai contoh kita menjual jilbab / barang tertentu untuk orang lokal Indonesia saja,
Karena kita tidak menarget region maka bukan tidak mungkin bila seorang TKI di Arab Saudi berkunjung
Hal itu bisa buruk maupun baik tergantung kebijakan pengelolaan toko apakah memang hendak fokus jual ke luar negeri atau memang stick di lokal saja
Duplicate Content Hreflang
Fungsi utama hreflang sebenarnya adalah mengakomodir blogger yang menyediakan contentnya dalam beberapa bahasa
Misalkan sebuah artikel “cara membuat blog” yang dibuat dengan bahasa yang berbeda dalam 1 domain
Judulnya, gaya bicara, topiknya semuanya sama kecuali bahasanya saja
Artikel seperti ini oleh google akn dinilai sebagai duplicate content, dan google cenderung akan memberikan penalti untuk kasus kasus seperti ini
Disitulah awal mula tag hreflang dirasa penting, dengan memberi tag hreflang maka search engine mengerti bahwa pemilik blog menulis dengan target bahasa audiens yang berbeda
Sehingga bila terdapat user berbahasa inggris maka akan diredirect ke artikel bahasa inggris, sedangkan bahasa lain diarahkan ke url bahasa yang bersangkutan
Contoh Hreflang dalam kehidupan nyata 😀

Keterangan:
Contoh diatas adalah dua buah postingan artikel, yang satu menggunakan bahasa spanyol sedangkan yang satu lagi menggunakan bahasa inggris
Hal seperti itu boleh dilakukan dan google tidak akan menganggapnya sebagai duplicate content asal “menggunakan tag hreflang”
Situs belanja online milik brand besar seperti Nike, Adidas juga melakukan hal serupa
Tujuan dilakukannya hal hal seperti ini adalah terkait dengan users experience, karena terjemahan kadang memberikan hasil yang berbeda
Dan tentu saja terkait situs situs belanja mereka online memang menarget bahasa dan regional secara khusus karena layanan tiap negara berbeda beda
Disinilah peranan terpenting tag hreflang, yaitu membantu search engine memahami situs kita dan tentunya mengarahkan user sesuai dengan arahan kita
Kurang lebih perintah kepada search engina adalah :
Pengunjung indo masukin ke alamat sini, pengunjung bule arahkan ke alamat web sono
Apakah Hreflang Mempengaruhi Rangking?
Tidak secara langsung, tag hreflang membantu meningkatkan user experience pengunjung blog
Blog yang enak dibaca serta memiliki kualitas konten yang baik akan memiliki tingkat enggement yang tinggi
Dari sanalah mungkin pengaruhnya terhadap Rank berasal (walaupun tidak secara langsung)
Hreflang Checker
Untuk mengecek apakah hreflang di blog sudah diterapkan dengan kaidah yang benar teman teman bisa cek secara online menggunakan hreflang checker
Salah satu website hreflang checker yang sering guru blogger gunakan adalah HREFLANGCHECKER.COM
Dari hasil check menggunakan hreflang checker diatas, terdapat rekomendasi terkait penggunaan hreflang untuk website Guru Blogger
Add x-default hreflang pointing to homepage/language selector, aduh apa ini artinya ya? buatnya gimana? saya kan tidak mengerti html !
Setiap pertanyaan selalu ada jawabannya, untuk menyelesaikan masalah diatas kita cukup membuat hreflang dengan bantuan hreflang generator
Hreflang Generator
Dalam kasus saya diatas, saya direkomendasikan untuk membuat hreflang yang diarahkan ke homepage atau language selector
Selanjutnya kita cukup mengunjungi website hreflang generator app.sistrix.com/en/hreflang-generator
- Kunjungi hreflang generator app.sistrix.com/en/hreflang-generator
- Masukkan url (dalam kasus ini adalah homepage blog gurublogger)
- Selanjutnya pilih tag hareflang
- Language untuk menarget bahasa tertentu seperti id, en, es, dll
- Region bila kita ingin menarget audien berdasarkan wilayah
- x-default untuk general
- Setelah memilih tag silahkan enter
- Tag hreflang akan ditampilkan di box bagian bawah
- Copy tag hreflang kedalam template setelah kode <head>
— Tag hreflang tulis disini —
</head>
FAQ Hreflang:
Murid: Pak guru metode pemakaian hreflang diatas itu termasuk yang HTML Headers atau Sitemap?
Guru Blogger: Metode html
Murid : Trus yang HTTP Headers?
Guru Blogger: Itu untuk mengimplementasikan hreflang di halaman non web (PDF dkk)
Murid: Kalau metode sitemap?
Guru Blogger: Nha, karena secara default blogger sudah memiliki sitemap dan tidak bisa diedit maka jawaban simpelnya adalah tidak bisa !!
Murid: Kalau Jawaban rumitnya?
Guru Blogger: Bisa tapi kita harus letakkan sitemap diluar blog dan memberitahu Google Search Console dkk (Bing dan Yandex)
Murid: Caranya?
Guru Blogger: Buat sitemap seperti biasa lalu tambahkan tag hreflang sebelum href di link tiap tiap postingan
Contoh :
<loc>https://www.gurublogger.id/p/article-bahasa-indo.html</loc>
<xhtml:link
rel=”alternate”
hreflang=”id”
href=”https://www.gurublogger.id/p/article-bahasa-indo.html”/>
<xhtml:link
rel=”alternate”
hreflang=”de”
href=”https://www.gurublogger.id/2020/12/article-bahasa-jerman.html”/>
<xhtml:link
rel=”alternate”
hreflang=”en”
href=”https://www.gurublogger.id/2020/12/article-bahasa-inggris.html”/>
</url>
Murid: Kalau blog saya dua bahasa gimana pak guru?
Guru Blogger: Kalau menggunakan metode html definisikan di antara tag , kalau menggunakan sitemap definisikan di sitemap modifikasi
Murid: Kalau banyak ditaruh di bagian head semua ga bikin berat?
Guru Blogger: Ya bikin berat, itulah mengapa biasanya web multilangual menggunakan sub domain, jadi mendeklarasikan bahasanya cukup 2 tag di head
Murid: Ga ada alternatif lain?
Guru Blogger: Gunakan saja x-default simple 😀
Selamat belajar…