Apa itu link dofollow nofollow UGC dan Cara Membuatnya !

Dalam tutorial kali ini guru blogger akan membahas dasar dasar backlink dalam rangka optimasi offpage SEO

Mulai dari pengertian aneka macam link sampai dengan praktek bagaimana cara membuatnya

Cara google memperlakukan link saat ini sudah berbeda, optimasi SEO untuk link bukan lagi sekedar nofollow dan dofollow seperti dulu

Berikut ini adalah daftar atribut link terbaru yang wajib digunakan untuk optimasi SEO Blog :

  1. Link Dofollow
  2. Link Nofollow
  3. Link UGC (User Generated Content)
  4. Link Sponsored (Untuk Iklan)

Seperti dinyatakan secara resmi dalam panduan webmaster central tentang Evolving Nofollow berikut ini :

cara-membuat-link-nofollow

Apakah link di blog kita masih seputar dofollow dan nofollow biasa tanpa atribut tambahan?

Waktunya merubah cara kita memperlakukan link sekarang !!

 

Pengertian Dofollow, Nofollow, UGC, dan Sponsored

Agar tidak terjadi kesalahan pemahaman keempat atribut link tersebut, berikut ini adalah definisi dan pengertiannya

Apa Itu Link Dofollow?

Pengertian link dofollow adalah sebuah atribut HTML yang digunakan untuk memberi ijin search bot untuk mengikuti link / tautan. Jika kita menautkan link dofollow di halaman blog menuju ke website B, maka search bot akan mengikuti link tersebut menuju website B. Link dofoloow memberi tambahan skor kepada website yang dituju

pengertian-link-dofollow-adalah

Dari uraian dan ilustrasi gambar diatas, dofollow memberi efek kepada website yang memberi link dofollow dan juga website yang dituju

Apakah artinya agar website kita bagus di mata search engine maka harus memiliki banyak dofollow link dari website lain?

Jawabannya adalah iya dan juga tidak

Mendapatkan backlink dofollow dari website bagus akan membuat website kita ikut bagus, akan tetapi mendapatkan backlink dofollow dari website jelek akan membuat website kit ikut jelek

Berhati hatilah ketika membangun backlink, sebab link dofollow memiliki dua sisi yang sama sama tajam

TRENDING :  Cara Menggunakan Google Lighthouse Untuk Cek Performa Blog

Apa Itu Link Nofollow?

Pengertian link nofollow adalah sebuah atribut HTML yang digunakan untuk melarang search bot mengikuti link / tautan tersebut. Jika kita menautkan link nofollow di halaman blog menuju ke website B, maka search bot tidak akan mengikuti link tersebut. Link nofoloow hanya memberi hint “petunjuk” kepada website yang dituju

pengertian-link-nofollow-adalah

Berbeda dengan dofollow, link nofollow tidak membuat blog atau website kita berbagi score jadi lebih aman

Link nofollow hanya akan membagi “hint”

Jadi, apakah backlink nofollow itu lebih aman?

Jawabannya tentu saja iya, namun tidak terlalu powerfull bila dibandingkan dengan backlink dofollow

Apa Itu Link UGC?

Atribut link UGC (User Generated COntent) digunakan untuk mendefinisikan sebuah link menuju sebuah halaman yang dibuat oleh user sebuah web. Contoh dari halaman UGC adalah komentar di blog dan postingan dari forum diskusi.

Apa Itu Link Sponsored?

Atribut link sponsored digunakan untuk mendefinisikan sebuah link menuju sebuah halaman iklan atau bagian dari advertisement dan sponsor yang melibatkan adanya sebuah kompensasi. Rel sponsored wajib digunakan pada link halaman affiliasi atau iklan dalam bentuk lainnya.

TOS Link Google

Mengatur link didalam blog adalah bagian dari optimasi struktur SEO Blog

Pengaturan atribut link yang baik akan membawa blog kita meraih kepercayaan dari google, menerapkan atribut link secara sembarangan akan membawa malapetaka optimasi-backlink-dofollow-dan-nofollow

Sebelum saya tunjukkan bagaimana cara membuat link dofollow maupun nofollow, baca terlebih dahulu aturan dalam membuat link berikut ini :

  1. Dilarang menjual atau membeli link dofollow
  2. Bertukar link secara berlebihan
  3. Konten marketing skala besar atau guest post menggunakan keyword sebagai text anchor link
  4. Membuat backlink otomatis menggunakan software
  5. Mewajibkan web lain memberikan dofollow link sebagai syarat untuk menggunakan jasa atau fasilitas di website
TRENDING :  Apa Itu Passage Ranking dan Pengaruhnya Pada SEO

5 Kondisi diatas apabila dilanggar akan mengakibatkan blog kita terindikasi telah melakukan “link scheme”, dan mengakibatkan rank blog turun dimata search engine.

Selain “link scheme”, ada juga unnatural link (link yang tidak wajar) dan bila hal itu dilakukan juga akan dianggap melanggar TOS google, diantaranya adalah :

 

  1. Iklan berupa text yang menggunakan “dofollow” link
  2. Terlalu banyak menyebar link yang anchor text nya adalah keyword, baik itu didalam blog sendiri maupun sebagai backlink dari blog lain.
  3. Bookmark atau directory link yang berkualitas buruk (misalkan kita membuat sebuah halaman yang berisi semua link internal atau external dan halaman tersebut kualitasnya tidak bagus)
  4. Link yang mengandung keyword tersembunyi
  5. Link di bagian footer atau template yang didistribusikan secara massive (contoh : link kredit dari template gratis dll)
  6. Komentar di blog ataupun forum yang dibuat dalam ranka optimasi link (membuat backlink terselubung)

Aturan aturan diatas bukanlah tips SEO buatan saya, itu adalah aturan tertulis dari google.

Bisa diakses pada halaman search central berikut ini : link scheme

Cara Membuat Dofollow Nofollow UGC dan Sponsored Link

Setelah tau aturan mainnya, maka waktunya gurublogger memberitahu cara melakukannya

Ingat, jangan pernah melanggar TOS diatas ketika membuat backlink !!

Cara Membuat Link Dofollow

Untuk membuat link dofollow caranya cukup mudah, yaitu jangan beri atribut apapun !

Maka secara otomatis link yang kita buat akan ditengarai sebagai dofollow link

Tampilan dalam kode html :
<a href=”https://www.gurublogger.id/”>Ini adalah contoh link dofollow</a>

Tampilan Link :
Ini adalah contoh link dofollow

Cara Membuat Link Nofollow

Untuk membuat link nofollow caranya adalah dengan memberi atribut rel=”nofollow”

Perhatikan kode link nofollow berikut ini

TRENDING :  Cara Membuat dan Menampilkan Halaman Baru di Blogspot

Tampilan dalam kode html :
<a rel=”nofollow” href=”https://www.gurublogger.id/”>Ini adalah contoh link nofollow</a>

Tampilan Link :
Ini adalah contoh link nofollow

Cara Membuat Link UGC

Untuk membuat link UGC caranya adalah dengan memberi atribut rel=”ugc”

Perhatikan kode link ugc berikut ini

Tampilan dalam kode html :
<a rel=”ugc” href=”https://www.kaskus.co.id/”>Ini adalah contoh link UGC</a>

Tampilan Link :
Ini adalah contoh link UGC Mengarah ke Kaskus

Cara Membuat Link Sponsored

Untuk membuat link sponsored caranya adalah dengan memberi atribut rel=”sponsored”

Perhatikan kode link sponsored berikut ini

Tampilan dalam kode html :
<a rel=”sponsored” href=”https://www.shopee.co.id/”>Ini adalah contoh link sponsored</a>

Tampilan Link :
Ini adalah contoh link sponsored mengarah ke shopee

Menggabungkan Nofollow dengan UGC dan Sponsored

Bila tidak ingin mengambil resiko ketika membuat atau memberikan backlink ke web lain ataupun web kita sendiri, maka caranya adalah dengan menggabungkan noffollow dengan atribut lain

Perhatikan kode atribut link berikut ini

Tampilan dalam kode html :
<a rel=”nofollow ugc” href=”https://www.kaskus.co.id/”>Ini adalah contoh link nofollow UGC</a>

Tampilan Link :
Ini adalah contoh link nofollow UGC Mengarah ke Kaskus

Tampilan dalam kode html :
<a rel=”nofollow sponsored” href=”https://www.shopee.co.id/”>Ini adalah contoh link nofollow sponsored</a>

Tampilan Link :
Ini adalah contoh link nofollow sponsored mengarah ke shopee

Mulai brfikir 2 kali ketika menggunakan jasa backlink?

Bagus, Anda berada di jalur yang benar

Ketika membangun link building menggunakan jasa web lain / penyedia layanan backlink, tolong lebih brhati hati.

Lakukan wawancara lengkap untuk meraba raba sampai tingkat mana pengetahuan penyedia layanan jasa tersebut.

Bila salah dan asal dalam memberi backlink maka jangan berharap rank blog kita akan naik, yang ada mungkin justru akan terjun bebas.

Pilihlah penyedia layanan jasa backlink dengan bijak